Amelinda Putri (1001082022)
Partner : Yuharmafitri (1001082010)
TK2C, T. Komputer, T. Informasi
BAB 2
PEMROGRAMAN ASSAMBLER 2
2.1 Tujuan
Setelah melakukan praktikum ini diharapkan mahasiswa mampu:
1. Membuat program assambler sederhana menggunakan text editor dengan compiler tasm sebagai compiler assambler (Turbo Assambler)
2. Menjelaskan perbedaan pembuatan program berekstensi COM dan EXE
3. Menjelaskan program percabangan, perbandingan dan pencetakan pada layar
2.2 Dasar Teori
Secara umum struktur penulisan suatu segment dapat dilukiskan sebagai berikut:
[Nama Segment] segment
ASSUME CS:[Segment] DS:[Segment] SS:[Segment] ES:[Segment]
Org 100h
[label]: [Program ASM]
-
-
[nama segment] ends
End [label]
Penulisan awal program juga ditentukan oleh ekstensi program COM atau EXE
Pada Penulisan program .COM pemberian Org 100h, merupakan awal mulai menulis program pada alamat 100h. Hal ini hanya berlaku untuk program yang berektensikan com, karena 100h alamat sebelum digunakan untuk PSP (program segment prefiks). Disamping itu juga Org menujuk lokasi memori tertentu dari suatu segment.
Penulisan Assume cukup dituliskan 1 segmen saja, yaitu
Assume CS:Code_Seg
Tetapi bila menuliskan program .EXE, penulisan segmen harus benar-benar menunjukkan arah yang benar, contoh:
Assume CS:Code_Seg DS:Data_Seg SS:Stack_Seg ES:0b800h
Org 0h
Syarat Label:
- Harus unik
- Maksimal 31 karakter
- Karakter yang boleh digunakan:
o Alphabet
o Angka
o Tanda Dollar ($)
o Tanda Tanya (?)
o Titik (.)
o Tanda satuan (@)
- Bukan merupakan suatu perintah assambler
- Label hanya dapat didefinisikan satu kali dalam program
Mendefinisikan variabel
Pada bahasa assambler, variabel dibagi menjadi 2 jenis:
1. variabel yang dapat dimodifikasi isinya
2. variabel yang tidak dapat dimodifikasi isinya
Variabel yang dapat dimodifikasi isinya
Variabel ini adalah variabel yang memakan tempat pada memori.
Adapun besaran-besaran variabel tersebut adalah
- DB (Define Byte), mendefinisikan variabel per Byte
- DW (Define Word), mendefinisikan variabel per Word (2 Byte)
- DD (Define Double Word) mendefinisikan variabel per 2 Word (4 Byte)
Tata penulisan variabel jenis ini adalah
Label (DB/DW/DD) [Isi Variabel]
Contoh
Satu db ‘Aku adalah anak gembala $’
Dua db 1234h
Tiga db 12h
Variabel yang tidak dapat dimodifikasi isinya
Variabel ini digunakan untuk menggantikan besaran tertentu dengan menggunakan kata equ dan variabel ini tidak menggunakan memori.
Contoh penggunaan variabel ini adalah
Satu equ 2190h
Dua equ 2323h
Int 21h service number 09h
Interupt ini digunakan untuk mencetak suatu kalimat, dengan syarat-syarat sebagai berikut
- Masukkan service number interupt pada register AH
- Masukkan segment dari variabel tempat menampung kalimat yang akan dicetak ke register DS dan offsetnya ke register DX.
- Kalimat yang akan dicetak harus diakhiri dengan tanda $ (dollar)
2.3. Alat dan Bahan
Alat dan bahan (perangkat lunak) yang digunakan adalah
- PC
- Perangkat lunak Turbo Assambler
2.4 Pengujian
A. Kerja 1 Mencetak sebuah kalimat
1. Buka text editor notepad atau masuk ke command prompt dan ketik edit lalu enter
2. Ketik program berikut
Code_Seg Segment
Assume CS:Code_Seg
Org 100h
Start: jmp mulai
Kata db “Aku adalah mahasiswa TI”,13,10
db “sedang belajar bahasa assambler”,13,10
db “$”
Mulai: mov dx,offset kata
mov ah,09h
int 21h
int 20h
Code_Seg Ends
End Start
3. Simpan program ini di D:\>cd TI (folder TI di directory D) dengan ekstensi .asm, jika dalam notepad jangan lupa pada type file diubah ke allfile.
4. Cara compile program
Ketik D:\TI>tasm nama program.asm
Gambar 2.1
Jika sudah tertampil seperti gambar 2.1 maka tidak terjadi kesalahan dalam penulisan program, kemudian lanjutkan ketik D:\TI>tlink /t nama program
Gambar 2.2
Jika sudah tertampil seperti gambar 2.2 maka proses compiling sudah selesai, cetak1.com siap dipanggil.
B. Input per Huruf
1. Ketik program berikut ini
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: Jmp mulai
Tanya db 'Jawab pertanyaan di bawah ini!',13,10
db 'Apakah anda seorang mahasiswa',13,10
db 'Jawaban anda: $'
Jawab1 db 13,10,'Anda seorang mahasiswa',13,10,'$'
Jawab2 db 13,10,'Anda seorang artis',13,10,'$'
Mulai: mov ah,09h
mov dx,offset Tanya
int 21h
Ulang: mov ah,01h
int 21h
cmp al,'y'
je mahasiswa
cmp al,'Y'
je mahasiswa
je artis
cmp al,'t'
jne Mulai
artis: mov ah,09h
mov dx,offset jawab2
int 21h
jmp selesai
mahasiswa: mov ah,09h
mov dx,offset jawab1
int 21h
selesai: int 20h
Code_seg Ends
End Start
2. Compile program dan simpan
3. Ketik Program Berikut
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: Jmp mulai
Tanya db 'AWAS KOMPUTER ANDA RUSAK! $'
Mulai: mov ah,09h
mov dx,offset Tanya
int 21h
mov ah,06h
mov dl, 0ffh
xor al,al
int 21h
cmp al,'Q'
je selesai
cmp al,'q'
jne Mulai
selesai: int 20h
Code_seg Ends
End Start
2. Simpan program dan compile
5. Bandingkan output program 1 dan output program ke 2
C. Kerja 3 Input lebih dari 1 karakter
1. Ketik program berikut
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: Jmp mulai
Tanya db 'Siapa nama anda ',13,10,'$'
tampung db 20,?,20 dup(?)
jawab db 13,10,'Nama Anda Adalah: $'
Mulai: mov ah,09h
mov dx,offset Tanya
int 21h
mov ah,0ah
mov dx,offset tampung
push dx
int 21h
mov bx,offset tampung
inc bx
mov dl,[bx]
xor dh,dh
inc bx
add bx,dx
mov dl,'$'
mov [bx],dl
mov dx,offset jawab
mov ah,09h
int 21h
pop dx
inc dx
mov ah,09h
int 21h
int 20h
Code_seg Ends
End Start
D. Menghapus Layar
1. Ketik Program berikut
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: mov ah,07h
mov ch,00
mov cl,00
mov dh,50
mov dl,1
mov bh,07h
int 10h
int 20h
Code_seg Ends
End Start
2. Simpan dan Compile
3. Jalankan program kemudian ubah program dengan mengganti nilai dh,dl
Bandingkan setiap outputnya dan apa yang bisa kalian simpulkan
4. Ketik Program berikut
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: Jmp mulai
tampung dw ?
hitung db ?
mulai: mov cx,50
mov ah,07h
ulang1: push cx
ulang:
mov cx,0000h
mov dl,20
mov dh,200
mov bh,07h
cmp ah,06h
jne turun
mov al,3
jmp naik
turun: mov al,2
naik: push ax
int 10h
hit: inc hitung
ulang3: inc tampung
cmp tampung,0f000h
jne ulang3
cmp hitung,0001
jne hit
mov word ptr tampung,0000h
pop ax
cmp ah,06h
je ulang2
mov ah,06h
pop cx
loop ulang1
jmp end1
ulang2: mov ah,07h
jmp ulang
end1: int 20h
Code_seg Ends
End Start
5. Simpan dan Compile
6. Jalankan program kemudian ubah program dengan mengganti nilai dh,dl
Bandingkan setiap outputnya dan apa yang bisa kalian simpulkan
E. Membuat Aplikasi Password
1. Ketik program di bawah ini
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: jmp hapus
kunci db 'Masukkan Password : $'
betul db 13,10,'Password Anda Betul',13,10,'$'
salah db 13,10,'Password Anda Salah',13,10,'$'
hapus: mov ah,07h
mov ch,00
mov cl,00
mov dh,56
mov dl,100
mov bh,07h
int 10h
input: mov ah,09h
mov dx,offset kunci
int 21h
mov ah,01h
int 21h
cmp al,'A'
je keluar
mov ah,09h
mov dx,offset salah
int 21h
loop input
keluar: mov ah,09h
mov dx,offset betul
int 21h
int 20h
Code_seg Ends
End Start
2. Simpan dan compile
3. Ketik Program berikut
Code_seg segment
Assume CS:Code_seg
Org 100h
Start: Jmp mulai
kata db 'masukkan password: $'
password db 'cipto'
tampung db 6,?,6 dup(?)
kata1 db 13,10,'password anda salah ',13,10,13,10,'$'
kata2 db 13,10,'password anda benar ',13,10,13,10,'$'
mulai: mov ah,09h
mov dx,offset kata
int 21h
mov ah,0ah
mov dx,offset tampung
int 21h
push ds
pop es
mov di,offset password
mov si,offset tampung + 2
mov cx,05h
cld
ulang: cmpsb
jc salah
loop ulang
call betul
int 20h
salah: mov ah,09h
mov dx,offset kata1
int 21h
jmp mulai
betul proc
mov ah,09h
mov dx,offset kata2
int 21h
ret
Code_seg Ends
End Start
4. Simpan dan compile
5. Bandingkan program 1 dan program 2 dan simpulkan
F. Mencetak Karakter Pada Posisi yang diinginkan
1. Ketik Program berikut
code_seg segment
assume cs:code_seg
org 100h
awal: mov ah,06h
mov cx,0
mov dl,99
mov dh,100
mov al,0
mov bh,07
int 10h
mov ah,02
mov bh,0
mov dh,1
mov dl,1
int 10h
mov ah,09h
mov al,41h
mov bl,0ah
mov cx,1
mov bh,0
int 10h
mov ah,02
mov bh,0
mov dh,1
mov dl,2
int 10h
mov ah,09h
mov al,42h
mov bl,0bh
mov cx,1
mov bh,0
int 10h
int 20h
code_seg ends
end awal
2. Simpan dan compile
3. Jalankan program
2.5 Pertanyaan
1. Sebutkan beberapa interupt bios yang digunakan pada program dan jelaskan
INT 20h merupakan interrupt BIOS yang digunakan untuk video service
2. Buat aplikasi untuk menampilkan 3 pilihan menu untuk menampilkan huruf A s/d Z, menampilkan angka 1 s/d 26 dan menampilkan huruf A s/d Z secara diagonal
2.6 Kesimpulan
1. Penulisan angka 13,10, berarti perintah untuk menekan enter.
2. Pada output program1 dengan output program2 tentang menghapus layar, pebedaanya adalah :
· Dh perintah dh maka tampilan yang sebelah kanan semuanya seperti error dan bergerak ke samping kanan
· Dh : tidak bisa memulai baru dan harus keluar dari command prompt
· Setelah perintah dh ditukar menjadi dl,maka tampilannya normal, tetapi pada bagian atas akan bergerak dari atas ke bawah dan tulisannya akan hilang baris ke baris menuju ke atas. Sampai semuanya hilang baru kita bisa memulai membuat program berikutnya.
2.7 Referensi
1. Lukito, Ediman, 1982, Dasar-dasar Pemrograman Dengan Assambler 8088, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
2. Mulyono, Heri, 2005, Diktat Kuliah Bahasa Rakitan, STMIK Jaya Nusa, Padang
3. Partoharsodjo, Hartono, 1991, Tuntunan Praktis Pemrograman Bahasa Assembly, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar