Mengenai Saya

Foto saya
hallooo... assalamualaikum... hehehe... perkenalkan nama saya Amelinda Putri. Biasanya di panggil Amel. sekarang si Amel ini lagi jadi mahasiswa di Politeknik Negeri Padang, jurusan TI, prodi Teknik Komputer. mau tau no BP nya??? boleh... no BP saya 1001082022. keren g??? keren g??? hehehe....

Minggu, 24 Oktober 2010

TUGAS 2 INPUT, OUTPUT, MEMORI, PROCESSOR


INPUT
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Macam-macam unit masukan (INPUT) :
Keyboard dan Mouse
KEYBOARD
Adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
                                                                                                                                                                                
Berdasarkan isinya,keyboard terdiri dari:
Huruf-huruf A-Z
Angka-angka 0-9
Spasial karakter
Tombol fungsi key
Berdasarkan jenismya,keyboard terdiri dari:
Keyboard dengan penghubung kabel
Keyboard tanpa penghubung kabel (nir kabel), disebut juga keyboard bluetooth

Gambar Keyboard

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key




MOUSE
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard

 gambar mouse


Joystick
Biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer
untuk merekam suara ke dalam komputer.

Gambar Joystick

Scanner
Untuk mengambil gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi

Gambar Scanner


Touch Panel
Dengan sentuhan jari dapat melakukan suatu proses akses file.





Gambar Touch Panel

Microphone
Untuk merekam suara ke dalam komputer.

Gambar Microphone

Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.  
Gambar Barcode Reader
 

 Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.



Gambar Kamera

                Berdasarkan sifatnya peralatan input dapat di bagi menjadi  2 :
Peralatan Input  Langsung
yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.


Peralatan Input Tidak Langsung
yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

OUTPUT
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Jenis-jenis Output :
Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat input.




Macam-macam Output :
Printer dan Plotter
Printer dan plotter adalah jenis hard-copy device, karena keluaran hasil proses dicetak di atas kertas. Printer memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran, serta ketajaman hasil cetak. Ukuran kertas yang dapat digunakan pun beragam. Tetapi, untuk mencetak di atas kertas dengan ukuran yang sangat besar, digunakanlah plotter.
Monitor
Monitor adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
Infocus
Infocus hampir sama dengan monitor. Fungsinya adalah untuk menampilkan gambar/visual hasil pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan. Media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang).Biasanya yang digunakan adalah dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.
PROCESSOR
Prosesor adalah peralatan yang berfungsi mengubah atau mengolah semua data yang telah dimasukkan (diinputkan) akan menjadi suatu informasi. Istilah lain dari prosesor adalah CPU (Central Processing Unit) yaitu pusat pengatur semua peralatan yang dipakai oleh komputer.
Contoh Processor :
    1. Pentium I frekuensinya 75-200 MHz
2.       Pentium II frekuensinya 300-450 MHz
3.       Pentium III frekuensinya 650-950 MHz
4.       Pentium 4 biasa (socket 478) : frekuensinya 1.8 GHz
5.       Pentium 4 dual core : frekuensinya 2.0 GHz
6.       Pentium 4 core2Duo
Makin besar frekuensi sebuah prosesor,maka semakin cepat akses sebuah komputer.
Gambar Processor
MEMORY
Memori merupakan suatu istilah yang sangat umum dari suatu media yang lain yang dipakai untuk menyimpan sesuatu data ataupun informasi.
Berdasarkan letaknya memoro dibagi menjadi dua bagian :
Internal Memory Device
yaitu memori tempat data atau informasi yang akan segera dipakai oleh CPU untuk diproses.
Contoh :
RAM merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpanan data sementara dan pada memori ini dapat diisi, ditulis ataupun dibaca. Sifat utamanya VOLATIL ( isi dapat hilang karena aliran listrik ).
ROM merupakan suatu memori yang digunakan untuk penyimpana data secara permanen. ROM ini tidak dapat diisi dengan data lain selain modul program yang diisi pada waktu pembuatan oleh pabrik. Sifat utamanya adalah NON VOLATIL.
External Memory Device
yaitu memori tempat penyimpanan data yang tidak segera dipakai oleh CPU untuk diproses.
Contoh : - Pemakaian media disk drive atau tape disk.
Contoh Memory
SRAM (Static Random Access Memory)
RAM yang digunakan sebagai memori tambahan yang tersembunyi.
EDORAM ( Extended Data Out Dynamic Random Accses Memory )
Yaitu, RAM yang kepingannya terdiri dari 72 pin dan umumnya pada PC yang menggunakan prosesor intel Pentium 1 dan AMD ke- 5 dan ke- 6.RAM jenis ini harus dipasang pada socketnya dalam jumlah genap ( minimal terdiri dari 2 keping ).Dan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz atau PC 66.
SDRAM ( Synchronous Random Acces Memory )
RAM yang kemampuan kecepatannya lebih cepat daripada EDORAM dan kepingannya terdiri dari 168 pin.PC denganprosesor intel Pentium 1, Pentium II, Pentium III, AMD ke- 5, AMD ke- 6, AMD ke- 7.Dengan memiliki Bus Speed sebesar 66 Mhz ( PC 66 Mhz ) dan PC 100 Mhz.
DDRAM ( Double Data Rate Random Acces Memory )
RAM yang hampir sama dengan SDRAM, namun memiliki kemampuan kerja yang lebih tinggi.Dengan Bus Speed sebesar 133 Mhz atau PC 133 Mhz.Umumnya digunakan pada PC dengan prosesorintel Pentium III, Pentium IV, AMD Duron, AMD Athlon.
RDRAM ( Rambus Dynamic Random Acces Memory )
RAM yang menggunakan RIMM ( Rambus In Line Memory Module ) sebagai socketnya dengan ukuran yang lebih kecil dari DIMM ( Socket yang digunakan untuk SDRAM dan DDRAM ).Dengan Bus Speed sebesar 800 Mhz.Umumnya digunakan pada PC dengan prosesor intel Pentium 1.
VGRAM ( Video Graphic Random Acces Memory )
RAM yang digunakan secara khusus pada video adapter atau video card. Yang berfungsi untuk mendukung video adapter dalam menghasilkan tampilan proses yang sedang atau yang telah berlangsung pada computer. Besarnya kapasitas VGRAM akan menentukan kualitas gambar atau tampilan yang dihasilakan oleh video adapter tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar